Saturday, September 26, 2009

Final Fantasy VII Crisis Core : big ideas in a small screen

Dari dulu gw suka banget sama game RPG, salah satunya Final Fantasy Series. Game ini yang bikin gw tertarik banget punya PSP, karena penasaran tentang jalan ceritanya, cara mainnya (beda dong antara PS dan PSP), dan juga karena suka banget sama jenis game RPG.

Final Fantasy 7 : Crisis Core (FF7CC) ini seperti game Final Fantasy pada umunya adalah game dengan cerita seperti film drama+action, dimana tokoh utamanya harus berjuang melawan “penjahat” dengan bumbu-bumbu romantis yang ada di sepanjang game. FF7CC adalah cerita yang berlatar belakang sebelum kisah dalam Final Fantasy 7 (FF7). Buat yang pernah main tentu tau FF7 dan tokoh-tokohnya, seperti Cloud, Aerith, Tifa dan juga tentunya Sepiroth. Di FF7CC, berkisah tentang masa sebelum ada Cloud dan teman-temannya, yakni tentang Zack, seorang prajurit yang berusaha mencapai mimpinya.

Ada satu kalimat yang terus diulang dalam game ini, dan gw inget terus karena bagus banget : Embrace your Dream, and Protect your Honor. Kalimat ini terus diucapkan oleh si tokoh utama, dan merupakan ide besar dari game ini. Ya Big idea! Ide yang tertuang dalam kalimat ini member sebuah semangat, yakni semangat perubahan untuk kritis terhadap otoritas yang ada.

Pada game ini diceritakan tentang Shinra, sebuah perusahaan yang mengeksploitasi sumber daya alam di dunia. Pada awalnya memang untuk kebaikan, namun lama kelamaan menjadi eksploitasi besar yang tidak terkendali. Situasi politik dan sosial dalam game juga sangat terasa, terjadi kesenjangan sosial, terjadi fenomena diktatorisme yang bersumber dari sebuah tirani, dan terjadi sebuah pergolakan untuk melawan.

Gw memang sengaja tidak menyoroti dalam sisi gameplay karena mungkin anda bisa dapatkan di situs review game seperti www.psp.ign.com atau mungkin di www.gamefaqs.com. Yang gw soroti adalah tentang sebuah ide mengenai Dreams dan Honor (mimpi dan kehormatan).

Mimpi. Setiap orang punya mimpi, dan mimpi itulah yang menggerakkan kita untuk terus maju berjuang dan memacu diri kita untuk menggunakan usaha sampai kita dapat meraihnya. Dalam game ini juga muncul dialog “Utopic dreams usually the best”. Si tokoh utama, Zack berusaha mencapai mimpi dengan usaha kerasnya. Sebagai prajurit, Zack rela untuk terus berlatih dan tak pernah hilang semangatnya untuk mendapatkan suatu misi dimana dirinya bisa menunjukkan prestasinya. Mimpi dan prestasi, dua hal yang saling mendukung. Satu kunci disini adalah, cari dan raihlah sebuah prestasi. Prestasi apapun. Prestasi artinya adalah kita mampu menjalankan tugas yang kita terima, atau lebih simpelnya, prestasi adalah ketika kita melakukan apa yang kita ucapkan. Menurut gw integritas adalah kunci dari prestasi, dan prestasi-prestasi itulah yang akan membawa kita pada mimpi kita.

Kehormatan. Apa sih pentingnya kehormatan? Dalam game ini, Zack terus mempertahankan kehormatannya, dengan melakukan tugasnya dengan sebaik mungkin meskipun orang-orang disekitarnya meninggalkannya. Zack menyadari bahwa kehormatannya sebagai prajurit takkan tergantikan, takkan direbut darinya apapun yang terjadi. Disaat prajurit lain berubah pandangan dan mulai berbuat hal-hal yang berlawanan dengan kode etik, dirinya tetap teguh pada pendiriannya. Kunci pada topic ini adalah loyalitas. Loyalitas adalah bukti bahwa seseorang memiliki kehormatan, dan kehormatan itu akan dimilikinya selamanya. Jika kita memutuskan untuk mengikuti sesuatu yang kita yakini itu benar, kehormatan kita adalah untuk tetap setia dan mengabdi, apapun yang terjadi. Sebab kehormatan kita bukan terletak pada orang lain, bukan pada anugerah dan tanda jasa, melainkan pada loyalitas kita yang kita persembahkan pada sesuatu yang kita anggap benar dan mulia.

Memang katanya “hanya” sebuah game, hanya permainan belaka. Namun gw selalu percaya, bahwa kita bisa belajar dari apa saja. Gw belajar dari game ini tentang mimpi dan kehormatan. Apa yang lo pelajari dari hobi lo?

No comments:

Post a Comment